Resensi 2

image-1608388972397.pngJudul : Metode Pengajaran Montessori Tingkat Dasar: Aktivitas Belajar untuk Anak Balita
Penulis : David Gettman
Penerjemah : Annisa Nuriowandari
Edisi : I Tahun : 2016

Metode Montessori saat ini semakin dikenal dalam pelaksanaan pendidikan anak usia dini (PAUD). Metode ini semakin banyak dipraktekkan, tidak hanya di lembaga PAUD tapi juga oleh orang tua di rumah. Bagi guru dan orang tua yang tertarik dengan Metode Montessori, buku ini bisa menjadi pilihan.

Buku ini menyajikan Metode Montessori secara menyeluruh. Selain itu, dibandingkan buku yang langsung ditulis Montessori, buku ini disusun lebih sistematis sehingga lebih mudah dipahami, terutama untuk pemula.

Gettman membuka buku ini dengan teori pendidikan Montessori serta sejarah yang melatarbelakanginya. Beberapa teori pendidikan Montessori yang dipaparkan di buku ini adalah pandangan Montessori yang meyakini bahwa anak memiliki pikiran yang mudah menyerap (the absorbent mind). Pemikiran utama Montessori lainnya yang juga ditulis Gettman adalah adanya 6 periode sensitif pada anak. Periode sensitif adalah “jadwal perkembangan” anak yang harus distimuli dengan baik oleh orang dewasa di lingkungannya.

Selanjutnya, pembaca disuguhi mengenai aktivitas di 5 area kerja, yakni aktivitas praktik, aktivitas indrawi, aktivitas bahasa, aktivitas matematika, dan aktivitas budaya. Seluruh aktivitas tersebut dipaparkan dengan langkahlangkah presentasi secara rinci. Tidak hanya itu, tujuan, bahan, dan latihan pada tiap-tiap aktivitas juga dilengkapi oleh Gettman.

Pembahasan mengenai aktivitas di 5 area sangatlah penting. Hal ini dikarenakan penggunaan alat dalam Metode Montessori bisa dikatakan sebagai suatu kebutuhan. Hampir semua bentuk pembelajaran dengan Metode Motessori memerlukan alat, yang mana alat-alat tersebut banyak yang kemudian menjadi ciri khas Metode Montessori.

Di balik berbagai kelebihannya, kekurangan buku ini adalah minimnya ilustrasi pada pembahasan presentasi. Gettman memang melengkapi buku ini dengan ilustrasi, tapi itu hanya menggambarkan bentuk bahan atau media yang dipakai saja. Oleh karena itu setelah membaca buju ini, pembaca disarankan untuk membaca buku lebih lanjut mengenai praktik pembelajaran Montessori atau videi tutorial yang terkait. (Dina Julita)