Resensi 1

image-1608388659502.pngJudul Buku : Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam
Penulis : Prof. Dr. H. Sofyan Sauri, M.Pd
Penerbit : Rizqi Press
Tahun Terbit : 2016
Jumlah Halaman : 256

Buku ini mengupas bahwa pendidikan karakter dalam perspektif Islam tidak dapat dipisahkan dari keimanan dan akhlak. Akhlak adalah perwujudan dari karakter seseorang. Manusia yang memiliki karakter yang baik dan kuat adalah manusia yang memiliki kemampuan untuk mengelola potensi akal, qalb, dan nafsu yang dianugerahi Tuhan kepada dirinya. Kemampuan tersebut disebut olah pikir, olah rasa/ qalbu, dan olah jiwa.

Pada dasarnya, buku ini memaparkan tiga hal pokok mengenai pendidikan karakter dalam perspektif Islam, yaitu: Pertama, pendidikan karakter tidak bisa dilepaskan kaitannya dengan akhlak dan nilai. Pendidikan karakter adalah pendidikan akhlakul karimah. Jadi, pendidikan karakter sebenarnya adalah pendidikan akhlak. Sedangkan pendidikan akhlak itu pendidikan yang penuh dengan makna nilai. Jadi, antara yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan erat, tidak bisa dipisahkan.

Kedua, manusia dianugrahi akal, qalb, dan nafsu dari Tuhan untuk menjalani tugasnya dalam menjalani kehidupan. Siapapun yang dapat mengelola ketiga potensi tersebut dengan olah pikir, olah rasa/ olah qalbu, dan olah jiwa yang baik, akan memiliki derajat yang tinggi. Merekalah yang disebut memiliki karakter yang kuat dan baik.

Ketiga, pendidikan karakter terkait erat kaitannya dengan habit atau kebiasaan yang terus menerus dipraktikkan atau dilakukan. Oleh karena itu, pendidikan karakter akan lebih efektif jika diperkenalkan sedini mungkin dari lingkungannya, terutama keluarga, terlebih lagi orang tua. Orang tua merupakan tempat yang paling pertama dan utama dalam melaksanakan pembinaan dan bimbingan karakter yang maksimal. (Dina Julita)